Contoh Lembar Riwayat Hidup (CV) Biasa, Menarik, Unik

Contoh Daftar Riwayat Hidup - Untuk menjadikan Anda orang yang diterima ketika melamar kerja adalah mengirimkan semua berkas yang diminta oleh perusahaan / instansi bersangkutan tanpa terkecuali.

Berkas-berkas lamaran kerja yang diwajibkan dikirim adalah; surat lamaran kerja, ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, foto, KTP, surat berbadan sehat, surat bebas napsa, dan termasuk daftar riwayat hidup (CV).

Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara (id.wikipedia.org).

Contoh Curriculum Vitae (CV)

contoh cv terbaru
sumber gambar: thebalance.com

Curriculum vitae merupakan berkas yang amat penting untuk di buat ketika Anda hendak mengajukan lamaran kerja. Pentingnya berkas ini sama dengan surat lamaran kerja yang jika tanpa kedua berkas ini akan sulit diterima.

CV akan menjabarkan kemampuan Anda baik secara akademis maupun non akademis termasuk skill, pengalaman, dan potensi diri.

Sayangnya masih banyak orang yang belum paham akan membuat cv yang baik dan benar itu seperti apa. Hal ini terlihat dari kurang menariknya cv yang dikirim ke perusahaan. Padahal baik dan benar saja belum cukup untuk meloloskan diri anda ke tahap selanjutnya.

Penting: Anda juga perlu memperhatikan jumlah halaman untuk CV, usahakan jangan melebihi dua halaman / lembar karena kurang disukai oleh perekrut kerja. Tulislah semua keterangan yang akan Anda masukan secara singkat, padat, dan jelas / tidak ambigu.

Nah, bagi Anda yang masih bingung silahkan lihat contoh daftar riwayat hidup dibawah ini yang mungkin bisa dijadikan referensi dalam membuat CV.

A. Contoh CV Biasa (Umum)

Contoh pertama ini merupakan contoh daftar riwayat hidup yang biasa baik jika dilihat dari desain templatenya maupun tanpa menggunakan warna dalam balutan tempaltenya. Biasanya jenis ini dibuat secara manual dengan ditulis tangan atau diketik hanya menggunakan aplikasi MS. Word saja.

Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan CV dibuat dengan menngunakan tangan / tulis tangan saja, karena perusahaan mau menilai karakter berdasarkan goresan tinta dari si pelamar. Nah, jika perusahaan yang akan Anda lamar meminta hal demikian maka curriculum vitae ini cocok di gunakan;

sumber gambar: google image 

Coba Anda perhatikan daftar contoh CV diatas hanya berisi tulisan dan foto saja, jika dilihat dari segi desain maka ini sangat sederhana bukan.


B. Contoh CV dengan desain Menarik

Ada juga CV yang dibuat dengan memadu padankan baik warna, gambar, desain visual yang menarik sehingga tampilan template nya sangat menarik. Jenis ini sangat disarankan jika Anda mendaftar disebuah industri kreatif seperti internet marketing, toko online, perusahaan teknologi.

Biasanya CV jenis ini dibuat dengan menggunakan aplikasi / software desain seperti CorelDraw, InkScape, PhotoShop, dan lain-lain. Jenis ini akan berbentuk gambar / jpeg. Membuatnya pun lebih sulit dibandingkan dengan menggunakan software office.

Namun jika Anda mau membuat CV jenis ini tidak punya keahlian desain atau tidak ada waktu Anda bisa menyewa jasa pembuatan CV yang ada di internet, salah satunya disini. Jangan khawatir harganya pun sangat terjangkau.

contoh cv keren
sumber gambar: google image


C. Contoh CV Unik

Pada umumnya sebuah daftar riwayat hidup akan dibuat dengan menggunakan lembaran kertas yang ditulis tangan atau di print. Namun ada beberapa orang di dunia ini membuat sebuah CV yang beda dan unik dari pada yang lain.

Mereka membuat dengan berbagai bentuk tiga dimensi yang jika dilihat sekilas tidak seperti CV namun benda lain. Berikut sontohnya;

sumber gambar: google image


Contoh lembar riwayat hidup (CV) diatas merupakan sebagain kecil dari desain yang ada, Anda bisa mencontoh desain tersebut untuk melakukan pendaftaran disebuah perusahaan / instansi. Diharapkan postingan ini bisa membantu dan semoga bermanfaat bagi Anda, Aamiin.

Silahkan bagikan artikel ini ke rekan / sahabat / keluarga Anda agar mereka bisa membaca juga sehingga bisa tahu melalui postingan ini, terimakasih. Atau Anda bisa membaca artikel lainnya seputar daftar riwayat hidup dibawah ini;

Artikel Terkait

Previous
Next Post »