Mau Melamar Guru Honorer, Berikut Contoh Surat Lamarannya

Contoh surat lamaran guru honorer - Sudah diketahui bahwa profesi guru ada banyak tingkatan yang bisa dipilih oleh para lulusan pendidikan guru seperti guru SD, SMP, SMA, dan TK. Jika dilihat jabatannya guru-guru pada tingkatan tersebut ada yang berstatus PNS, honorer, hingga kontrak.

Biasanya sebelum menjadi PNS seorang tenaga pendidik akan berstatus sebagai pegawai honorer. Guru PNS merupakan Guru yang telah memiliki status minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan telah ditugaskan di sekolah tertentu sebagai instansi induknya (id.wikipedia.org).

Selaku guru di sekolah swasta, guru tersebut dinyatakan guru tetap jika telah memiliki kewewenangan khusus yang tetap untuk mengajar di suatu yayasan tertentu yang telah diakreditasi oleh pihak yang berwenang di kepemerintahan Indonesia (id.wikipedia.org).

Nah bagi Anda yamg akan mendaftar menjadi guru honorer baik disebuah instansi pendidikan negeri maupun swasta dan memerlukan contoh surat lamaran kerja bisa melihat artikel ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer

guru honorer k2
sumber gambar: tabloidjubi.com

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Jadi tidak ada alasan apapun status Anda sebagai guru tetap atau honorer, Anda harus menjalankan amanat dengan sungguh-sunggu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang pahalanya tidak akan didapat di dunia saja tetapi sampai akhirat kelak.

Nah, jika niat Anda sudah tulus dan bulat untuk menjadi guru honorer, maka tahap awal yang harus Anda lakukan adalah mencari lowongan kerja untuk guru hoborer, jika sudah dapat maka segera membuat semua berkas yang dibutuhkan seperti surat lamaran kerja, CV, hingga berkas pendukung lainnya.

Bagi Anda yang masih bingung seperti apa bentuk surat lamaran kerja untuk mendaftar lowongan pekerjaan sebagai guru honorer, silahkan lihat contoh dibawah ini;


Prihal: Lamaran Pekerjaan

Jakarta, 15 Oktober 2015
Kepada
Yth Kepala Sekolah Islam Terpadu
Di Jl. Beringin Raya Kebon Jeruk Selatan - Jakarta

Dengan Hormat,

Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin, adapun data pribadi saya sebagai berikut :
Nama : Suprihatin, S.Pd.
Tempat/Tanggal lahir : Gunungkidul, 09 Oktober1992.
Agama : Islam.
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Matematika.
Alamat : Jln. Sultan Agung Kebayoran Baru No. 99, Jakarta
Nomor HP : 0891 2345 6789

Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :
  1. Foto Copy KTP I Lembar
  2. Pas Photo 3 x 4 Sebanyak 1 Lembar
  3. Ijazah  1 Lembar
  4. Transkrip Nilai 1 Lembar
  5. Akta VI 1 Lembar
  6. Daftar Riwayat Hidup 1 Lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya


Bejo Hartarto, S.Pd


Itulah contoh surat lamaran kerja guru honorer yang bisa diberikan untuk Anda. Diharapkan artikel ini bisa membantu permasalahan yang sedang dihadapi pembaca sekalian seputar guru honorer. Atau Anda bisa membaca artikel lainnya seputar surat lamaran kerja yang bisa dibaca pada daftar dibawah ini;

Artikel Terkait

Previous
Next Post »