Contoh Surat Melamar Kerja Guru Sekolah Dasar (SD)

Contoh surat lamaran kerja guru - Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai bentuk surat lamaran kerja pada bidang tenaga pendidik (guru).

Sudah diketahui bahwa jika kita mau mendaftar lowongan pekerjaan baik melalui jalur online maupun offline tentunya harus membuat sebuah surat lamaran kerja.

Membuat surat tidak boleh asal melainkan harus memiliki nilai jual agar lamaran Anda menarik perhatian dan mengantarkan masuk ke tahap seleksi selanjutnya yaitu wawancara.

Pada postingan dahulu sudah dishare mengenai "Persiapan Sebelum Membuat Surat Lamaran Kerja" yang bisa Anda Baca juga.

Guru (bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik (Wikipedia).

Sedangkan menurut aplikasi KBBI offline, guru adalah orang yg pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar; kencing berdiri, murid kencing berlari, pb kelakuan murid (orang bawahan) selalu mencontoh guru (orang atasannya).

Menjadi seorang guru adalah pekerjaan yang mulia karena bisa mencerdaskan orang lain, yang dari tidak tahu menjadi tahu, yang salah menjadi benar, dan kurang berilmu menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Profesi seorang Guru akan dibagi lagi menjadi beberapa tingkatan lagi seperti guru Sekolah Dasar/Madrasah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K),

Bagi Anda lulusan FKIP yang akan melakukan pendaftaran disebuah sekolah dan ingin menjadi guru, berikut ini merupakan contoh surat melamar kerja guru SD yang bisa dijadikan salah satu referensi.

Contoh Surat Melamar Kerja Guru SD

guru sd
sumber gambar: memes.com

Sama seperti surat lamaran kerja lainnya, untuk melamar menjadi guru salah satu format yang bisa digunakan adalah yang mencakup point;
  • Tanggal Surat
  • Prihal
  • Lampiran
  • Identitas
  • Bagian awal
  • Bagian isi
  • Bagian penutup
  • Salam
  • Tanda tangan

Tanggal surat mencangkup waktu yang harus Anda cantumkan ketika membuat surat lamaran tersebut - prihal merupakan tujuan surat itu dibuat yaitu "lamaran pekerjaan" - Lampiran mencangkup berkas - berkas pendukung yang akan Anda cantumkan  pada berkas lamaran - Identitas berisi nama, tempat tanggal lahir, alamat, lulusan/program studi, nomor kontak/email - bagian awal/isi/penutup merupakan jabaran dari surat, salam dan tanda tangan juga harus disertai.

Supaya Anda tidak bingung berikut ini contoh surat lamaran kerja guru SD dalam bentuk teks;


Bandar Lampung, 09 Juni 2017 (ini rata kanan)

Kepada Yth,
Kepala Sekolah Dasar (SD) 5 Bandar Lampung
di
Jl. Beringin Raya Walang Sangit Selatan Bandar Lampung (0721) 123456

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : M. Hidayat
Tempat, Tanggal Lahir : Bandar Lampung, 08 Juni 1996
Usia : 26 tahun
Pendidikan Terakhir : S-1 PGSD, Universitas Cahaya Bangsa
Alamat Asal : Jln. Imam Bonjol Utara - Lampung Selatan
Telepon/Email : 0896 1234 5678 / tumijo1212@gmail.com

Saya bermaksud mengajukan lamaran kerja pada Sekolah yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Guru Kelas/Tenaga Pengajar. Dengan memenuhi kualifikasi yang diminta, diantaranya: dapat mengoperasikan komputer, pernah bekerja di SMPN 1 Bandar Lampung, dapat membuat dan mengajar menggunakan RPP. Saya juga dapat bekerja keras, bertanggung jawab, rajin, jujur, dapat bekerja secara mandiri maupun tim dan siap bekerja dibawah tekanan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan juga berkas pendukung lainnya yaitu:
1.  Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai
2.  Foto Copy Daftar Riwayat Hidup
3.  Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
4.  Foto berwarna ukuran 3x4 terbaru

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya bisa menjadi bagian dan berkontribusi memajukan SD 5 Bandar Lampung. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya, (ini rata kanan)


M. Hidayat, S.Pd. (ini rata kanan)


Berikut contoh surat lamaran kerja guru SD dalam bentuk image;
contoh surat lamaran kerja guru sd


Download
contoh surat lamaran kerja guru SD
dalam bentuk word 

**Catatan; format diatas tidaklah tetap namun sudah memenuhi unsur kaidah sebuah surat lamaran kerja. Anda bisa mengkreatifitaskan nya lagi sesuai selera Anda.

Itulah informasi mengenai contoh surat melamar kerja guru sekolah dasar (SD) yang bisa disampaikan. Semoga dengan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda yang akan melakukan pendaftaran / mencalonkan diri menjadi tenaga pendidik (guru).

Anda juga bisa membaca beberapa artikel seputar contoh surat lamaran kerja lainnya dibawah ini;

Artikel Terkait

Previous
Next Post »