Persiapan Sebelum Membuat Surat lamaran Kerja yang Harus Anda Tahu

Persiapan Membuat Surat Lamaran - Surat yang bernilai jual merupakan syarat yang mesti diperhatikan oleh setiap calon karyawan yang akan mendaftar sebuah pekerjaan.

Jika ingin mulus perjalanannya sampai ditetapkan menjadi karyawan resmi sebuah perusahaan atau instansi maka tidak ada cara yang lebih tepat selain membuat surat yang menarik.

Bisa dianalogikan ketika Anda membuat surat maka secara tidak sadar bahwa Anda sedang memasarkan diri ke HR / perekrut bahwa anda lah orang yang tepat untuk mengisi jabatan tersebut bukan orang lain.

Seorang perekrut tidak akan tahu dan percaya kepada kemampuan Anda jika surat lamaran kerja yang dikirim tidak menarik dan tidak punya nilai jual.

Untuk itulah diperlukan sebuah surat lamaran kerja yang bisa meyakinkan HR bahwa anda lah kandidat yang patut diperhitungkan.

Sayangnya masih banyak orang yang belum bisa melakukan hal ini karena berbagai macam hal seperti;
  • Tidak berpengalaman membuatnya
  • Belum tahu format yang bagus itu seperti apa
  • Bingung
  • Kurangnya materi yang harus dijabarkan di dalam surat
  • dan masih banyak lagi

Persiapan Membuat Surat Lamaran Kerja

persiapan membuat surat lamaran

Sebetulnya surat lamaran kerja dengan format apa pun tidak menjadi masalah jika digunakan untuk melamar kerja dengan syarat surat tersebut memiliki point;
  • Harus ditulis sesuai EYD
  • Tidak salah ketik, dan
  • Memenuhi unsur / kaidah sebuah surat lamaran kerja

Mari kita jabarkan satu persatu point diatas.

Jika tidak ada salah satu dari ketiga point diatas bisa dipastikan surat Anda tidak menarik bahkan diabaikan oleh seorang perekrut kerja.

Coba Anda pikirkan ketika terdapat salah ketik di dalam surat yang dibuat, maka Anda akan dianggap orang yang kurang teliti.

Sebuah perusahaan tidak akan suka dengan sifat ini! Orang yang kurang teliti akan menghasilkan pekerjaan yang tidak maksimal, dan pada akhirnya akan merugikan perusahaan / instansi.

Mangkanya ada sebuah perusahaan yang tidak mentolelir kesalahan salah ketik ini. Ya memang menurut kita kecil kesalahannya namun itu merupakan hak mereka kita hanya bisa berharap.

Dalam kasus lain ada yang sudah sangat hati-hati ketika mengetik maupun menulis surat agar tidak salah ketik dan tulis namun ada beberapa kata yang tidak memenuhiunsur EYD.

Kesalahan EYD juga pada beberapa perusahaan tingkat Nasional akan sangat vatal. Sebagai contoh ketika Anda menulis kata "Pariabel" padahal seharusnya yang benar adalah "Variabel".

Kesalahan kecil ini juga yang bisa mengurangi pertimbangan seorang HR untuk menjadikan Anda masuk ke tahap seleksi selanjutnya.

Sedangkan untuk unsur atau kaidah sebuah surat bisa kita jabarkan seperti ini. Surat lamaran kerja pastinya yang Anda dan Saya tahu berupa;
  • Tanggal surat
  • Prihal
  • Lampiran surat
  • Tujuan 
  • Identitas
  • Bagian awal
  • Isi 
  • Bagian penutup
  • Salam
  • TTD

Bagian-bagian surat lamaran kerja tersebut harus ada. Namun apakah itu semua sudah cukup...? Belum tentu. Jika Anda membuat surat hanya mengandalkan itu saja Saya rasa masih kurang jika surat mau di bilang menarik dan membuat HR penasaran.

Untuk menghasilkan surat lamaran yang memiliki nilai jual Anda harus mencantumkan dua poin lagi pada surat yang akan dikirim. Dua point tersebut adalah;
  • Referensi
  • dan Pengalaman

Dua point ini sangat penting untuk melamar kerja disebuah perusahaan atau instansi. Dengan memiliki pengalaman maka perusahaan tidak perlu mengajarkan lagi karyawan baru tersebut.

Sedangkan referensi berfungsi sebagai penegas jika anda benar-benar memiliki kompetensi yang di cantumkan pada surat tersebut.

Yang menjadi masalah adalah Anda merupakan lulusan baru dan belum memiliki punya pengalaman kerja sama sekali. Nah, jika ini masalahnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan seperti;

Mengganti pengalaman dengan prestasi yang sudah anda capai saat kulia atau sekolah. Cantumkan pencapaian tersebut didalam surat lamaran kerja. Dengan syarat bahwa prestasi tersebut relefan dengan pekerjaan yang dilamar.

Untuk mensiasati referensi, bagi Anda lulusan baru bisa mencantumkan nama dosen atau guru anda. Jangan mencantumkan referensi berupa orang tua atau keluarga. Karena pihak HR akan tahu akan hal ini.

Nah, jika semua hal yang saya jabarkan diatas diterapkan pada surat lamaran yang anda buat maka surat yang ada akan memiliki satu tingkat kelebihan dibandingkan dengan surat dari pesaing Anda.

Oke demikianlah postingan saya seputar persiapan sebelum membuat surat lamaran kerja yang harus diketahui. semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih silahkan di share.

Artikel Terkait

First

2 comments

Write comments
panduan
AUTHOR
August 25, 2017 at 12:14 AM delete

Terimakasih banyak atas informasi yang diberikan, sangat membantu buat yang akan membuat surat lamaran kerja secara baik dan benar. Tapi sayangnnya gak bisa dicopas min, hee

Reply
avatar
play
AUTHOR
August 25, 2017 at 12:24 AM delete

terimakasih atas masukannya gan salam blogger

Reply
avatar