SD : Format Surat Keterangan Pernah Mengajar

Surat Keterangan Mengajar - memang sangat diperlukan bagi lulusan FKIP baik yang baru lulus atau yang sudah lama.

Dengan memiliki surat keterangan pernah mengajar ini maka pihak sekolah atau yayasan yang akan dilamar dapat percaya kalau kamulah kandidat yang sudah berpengalaman.

Surat keterangan pernah mengajar merupakan selembar bukti yang bisa dibuat oleh guru yang pernah mengajar disebuah sekolah negeri atau yayasan pendidikan dengan kurun waktu tertentu mulai dari 6 bulan sampai tak terbatas misal 10 tahun.

Biasanya surat keterangan pernah bekerja ini dikeluarkan oleh pihak sekolah atau ketua yayasan pendidikan tempat guru tersebut bekerja.

Dibeberapa sekolah ada yang telah menyediakan format surat ini namun ada pula si pengaju yang membuat sendiri lalu di sampaikan ke kepala sekolah atau ketua yayasan.

Ketika sampai dikepala sekolah maka akan ditanda tangani dan dicap sebagai legalitas kalau sipemilik surat / pengaju surat tersebut benar-benar pernah mengajar di sekolah yang bersangkutan.

Nah bagi kamu yang sedang membutuhkan surat ini namun pihak sekolah / yayasan tidak menyediakan formatnya bisa melihat contoh dibawah ini.

Contoh Format Surat Keterangan Pernah Mengajar di SD

Catatan: Setiap instansi akan memiliki format surat yang berbeda namun secara umum akan terdiri dari;
  • Kop surat
  • Keterangan si pengaju surat
  • Keterangan kepala sekolah / ketua yayasan
  • Pernyataan
  • Penutup
  • Tempat, tanggal, bulan, dan tahun dibuatnya surat
  • Dan, tanda tangan kepala sekolah / ketua yayasan

Agar lebih jelas silahkan perhatikan contohnya seperti gambar dibawah ini:


Nah itulah contoh surat pernah mengajar di SD yang bisa sobat guru jadikan referensi apabila memerlukannya. Jika sobat juga memerlukan contoh yang lain bisa membaca artikel lainnya di blog ini juga.

Tambahan...

Sayangnya lulusan baru akan sadar kalau surat ini sangat penting ketika dia telah wisuda dan akan  berfikir mengapa tidak dipersiapkan semenjak masih menjadi mahasiswa dulu. Memang banyak mahasiswa FKIP ketika masih menjadi mahasiswa tidak melakukan magang sehingga CV yang di buat ketika melamar pekerjaan miskin kualitas.

Nah, bagi kamu yang sudah lulus kulia namun terlanjur belum pernah melakukan magang disebuah sekolah maka bisa membaca postingan yang satu ini : Tips Mensiasati Berkas Pendukung Melamar kerja Bagi Lulusan Baru yang minim pengalaman.

Oke, terimakasih sudah berkunjung ke blog ini semoga bermanfaat. Salam...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »